Kalian Pengunjung Ke-

Selasa, 11 Desember 2012

Resep Donat Kentang

Dalam rangka tugas pembelajaran bioteknologi IPA, gue dan temen-temen sekelas gue disuruh buat kelompok terus bikin apa aja yang berhubungan sama bioteknologi. Asikkann\m/

Kelompok gue ada 6 orang yaitu, Dinda, Lika, Caca, Adzra, Manikya, dan tentunya gue sendiri-_- 

Kita mau bikin donat kentang nih, tapi pakai ragi soalnya kan ragi berhubungan dengan bioteknologi. Peran ragi dalam pembuatan donat tuh ragi melepaskan hidrogen, sehingga adonan donat mengembang.

Sepulang PM kita langsung beli bahan-bahannya, kita mau bikin donatnya di rumah gue, wkakaka~

Pas bikin heboh banget tuh, tapi dengan bantuan mama gue, semua pun berjalan lancar hehehe._.' 

Donatnya enak banget lohhh... Cius dah cungguh... Nah sekarang gue mau bagiin resep + cara bikin donat kentangnya yaa hehe, langsung aja deh.

Alat:

·       Mangkuk
·       Takaran
·       Gelas
·       Cobek
·       Garpu & sendok

Bahan:

·       500g tepung terigu
·       50g susu bubuk
·       1 bungkus (11g) ragi instan
·       250g kentang halus
·       100g gula halus
·       75g mentega
·       ½ sendok teh garam
·       4 butir kuning telur
·       100ml susu cair
·       Coklat batang (untuk hiasan)

Cara membuat:

  1. Masukkan tepung terigu, gula, susu bubuk, dan ragi instan, aduk sampai   rata.
  2. Masukkan kentang halus, aduk sampai rata.
  3. Masukkan kuning telur dan susu, aduk sampai rata.
  4. Tambahkan mentega dan garam, uleni terus hingga elastis. Diamkan selama 15 menit.
  5. Bagilah adonan menjadi beberapa donat, bentuk adonan menjadi bulat. Diamkan selama 20 menit, sampai terlihat mengembang.
  6. Lubangi bagian tengah donat dengan menggunakan sumpit.
  7. Masukkan minyak ke dalam panci, lalu panaskan. Goreng donat yang   sudah dilubangi tadi dengan api sedang sampai kuning keemasan.
  8. Angkat, kemudian diamkan sampai minyaknya hilang.
  9. Panaskan coklat batang hingga menjadi leleh.
  10. Setelah donat menjadi dingin. Hias donat dengan coklat leleh,   tambahkan topingnya.
  11. Donatpun siap disajikan~!

Maaf ga pinter bikin hiasan whahha. Hiasan bisa sekreatif mungkin kok:)

Mmmm yummy~ Semoga bermanfaat ya:D~



Tidak ada komentar:

Posting Komentar